Warung Mantap Jaya Surabaya : Mencoba Ayam Tradisional di Surabaya

Mencoba Ayam Tradisional di Surabaya

Warung Mantap Jaya Surabaya, Spesialis Ayam Bacem. Jalan Ngagel Madya V No 15 - Surabaya

Masakan khas Jawa memang sering dijumpai, namun berbeda dengan ayam bacem tradisional khas Jawa Timur. Kata bacem yang berarti ‘ungkep’ dalam bahasa Jawa memang tak sembarang bisa dihasilkan. Daging ayam dibumbui, dimasak perlahan-lahan dengan cara di ungkep menghasilkan aroma khas, dengan bumbu yang meresap ke daging. Daging ayam pun bertekstur lembut, dengan tulang yang lebih lunak.

Sebenarnya bacem atau baceman, adalah salah satu penyajian panganan dari Jawa Tengah untuk mengawetkan produk. Makanan seperti ayam, tahu ataupun tempe direndam ke dalam lauran gula merah untuk menghasilkan panganan manis, yang dikenal dengan istilah ayam bacem. Ayam bacem pun diungkep dengan campuran air kelapa dan asam jawa.

Sementara baceman yang diawetkan dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam, akan menghasilkan tekstur daging yang lebih asin, inilah bahan baku utama penyetan sebelum digoreng.

 Ayam Bacem Warung Mantap Jaya Surabaya


Di Warung Mantap Jaya Surabaya, kami pun menemukan panganan sederhana, namun bercita rasa tinggi. Lokasi berada persis di Jalan Ngagel Madya V nomor 15, Surabaya. Tak sulit dicari, dan juga menerima pesanan melalui telepon 081554012216 .

Tak menunggu lama, kami pun memesan dua jenis makanan, ayam bacem dan ayam penyet, yang sudah kita bicarakan daritadi.

Ayam Bacem dan Ayam Penyet - Depot Mantap Jaya, Surabaya

Benar saja, ayam yang disajikan panas dengan sambel, membuat kami tidak lagi lama menunggu. Ayam bacemnya gurih hingga ke tulang. Sambel yang disajikan pas bumbunya, terasa gurih, namun masih berasa manis alami cabai merah.

Meskipun bukan menu utama, namun jangan sepelekan ayam penyetnya Warung Mantap Jaya. Aromanya sudah khas penyet banget, ditambah gurihnya bakso goreng. Daging ayam bukan deep fried ya,, seperti penyetan biasa yang digoreng kering, tapi ayam rendaman bumbu diungkerp, lalu digoreng sebentar. Hasilnya, tekstur daging ayam lembut, kaya rempah-rempah. Ditambah sambel khas, hmmm nga nolak deh!

Menu Tiga T - Depot Mantap Jaya, Surabaya

Bagi anda pecinta kuliner Jawa sejati, harus mencoba ini. Menu 3T dari Tahu,  plus Tempe, plus lagi Telor bacem. Nga kuat enaknya! Makanan sehderhana namun diolah dengan telaten dan bumbu yang pas, masakan tradisional ini pun melekat di lidah.

Nasi Bakmoy - Depot Mantap Jaya, Surabaya

Nah ini juga nih yang bikin kami pesen tiga menu untuk berdua, nasi bakmoy. Irisan daging ayam yang dimasak dengan potongan tahu goreng, telur rebus, lalu disiram kuah kaldu ayam berbumbu, enaknya pas banget. Jangan ngaku udah ke Surabaya deh kalau belum coba Nasi Bakmoy yang disajiin bareng kerupuk udang raksasa.

Menu Makanan - Warung Mantap Jaya, Surabaya

Oh iya, harga makanan-makanan di atas ngga bikin kantong jebol loh! Kami berdua cukup merogoh di bawah seratus ribu, sudah kekenyangan banget. Puas lah dengan makanan berbumbu meresap dengan ayam kampung yang sehat dan tidak berlemak. Hmm lain kali coba menu apa yah??
Tags: , , ,

Tidak ada komentar